Wihdan Hidayat/Republika

Bukan Hanya Charity

Swasta pun terpanggil untuk membantu meringankan beban masyarakat terdampak pandemi.

Pandemi Covid-19 berdampak luas di semua sektor kehidupan, termasuk ekonomi. Banyak masyarakat yang terpuruk ekonominya karena kehilangan mata pencaharian dan pekerjaan. Mereka tidak hanya butuh charity berupa bantuan langsung (sembako dan lain-lain), tapi juga butuh pemberdayaan agar bisa mempunyai penghasilan.

 

Terkait hal tersebut, kalangan swasta pun terpanggil untuk membantu meringankan beban masyarakat yang terdampak pandemi. Melalui program CSR SiCepat Peduli, SiCepat Ekspres bersama Koramil 04 Cengkareng pada Juli lalu menyalurkan bantuan paket sembako sebanyak 100 dus kepada masyarakat di sekitar lingkungan Koramil 04 Cengkareng.

 

Paket sembako yang didonasikan meliputi beras, minyak goreng, gula, mie instan, sarden, dan susu kental manis senilai Rp 10 juta. “Sebagai bentuk kepedulian SiCepat Ekspres kepada masyarakat yang terdampak pandemi, bantuan ini kami salurkan dengan harapan untuk meringankan beban masyarakat yang membutuhkan,” kata The Kim Hai, CEO SiCepat Ekspres.

 

Selain kegiatan distribusi sembako bersama Koramil 04 Cengkareng, SiCepat Ekspres secara rutin melakukan kegiatan Jumat Berkah berbagi makanan di wilayah DKI Jakarta, Medan, dan daerah lainnya. Tercatat lebih dari 200 ribu paket makanan gratis telah diberikan kepada masyarakat sejak November 2020 lalu.

 

Sementara itu, Danone Indonesia bekerja sama dengan Kitabisa.com memberikan 1.000 paket sembako dan pemberdayaan masyarakat dalam program #PengantarKebaikan yang diadakan pada Januari dan Februari lalu. Program tersebut merangkul pekerja nonformal sebagai kurir dalam menyalurkan bantuan kepada masyarakat yang membutuhkan dan terdampak pandemi. Kegiatan ini merupakan bagian dari komitmen Danone Indonesia untuk memberikan bantuan senilai Rp 30 miliar dalam upaya penanggulangan dan pencegahan Covid-19 diIndonesia.

 

Corporate Communication Director Danone Indonesia Arif Mujahidin mengatakan, “Danone Indonesia berko mitmen untuk terus mendukung upaya pemerintah dan masyarakat dalam mencegah dan mengatasi dampak pandemi Covid-19 di Indonesia. Kali ini, untuk mendukung pemenuhan nutrisi keluarga, kami bekerja sama dengan Kitabisa.com dalam program #PengantarKebaikan untuk dapat memberikan bantuan kebutuhan makanan pokok keluarga sembari memberdayakan pekerja nonformal untuk mengantarkan paket kebaikan kepada keluarga yang terdampak pandemi.”

 

PT Bank Danamon Indonesia Tbk turut berkontribusi dalam penanganan pandemi Covid-19. Bantuan Danamon tersebut berupa perlindungan terhadap para relawan Covid-19 dari risiko jaminan kematian dan kecelakaan kerja disampaikan pada pekan lalu.

 

Asuransi meliputi biaya perawatan dan pengobatan, transportasi, sementara tidak mampu bekerja (STMB), santunan cacat, santunan kematian, biaya rehabilitasi, serta bantuan bea siswa.

Program #PengantarKebaikan memberikan 1.000 paket sembako dan pemberdayaan masyarakat.

Direktur Syariah dan Sustainability Finance Danamon, Herry Hykmanto, mengatakan, selama masa pandemi, Danamon secara berkesinambungan terus berupaya mendukung pemerintah dengan menyerukan gerakan kampanye positivity saves lives.

 

“Danamon juga telah mendonasikan lebih dari Rp 1 miliar melalui Benih Baik untuk mendukung pemenuhan kebutuhan pokok mitra pengemudi penyedia transportasi daring,” ujar Herry.

 

Pada Ramadhan 1442 H (April dan Mei 2021) yang lalu, banyak perusahaan swasta yang menggelar acara berbagi kepada warga terdampak Covid-19. Bankmembagikan bantuan bagi warga terdampak Covid-19. Kegiatan bertajuk “Mega Syariah Berbagi: Berbagi Kebahagiaan Ramadhan untuk Negeri”, merupakan salah satu upaya dalam membantu meringankan beban masyarakat akibat pandemi Covid-19. Aksi sosial tersebut dilakukan di 41 kota seluruh Indonesia.

 

 Medco E&P Natuna Ltd. (Medco E&P) mengambil peran dalam momen Ramadhan 1442 H dengan meluncurkan program Safari Ramadan 1442 H. Misinya adalah untuk menyalurkan 1.550 kepada masyarakat di 10 kecamatan di Kabupaten Kepulauan Anambas, Kepulauan Riau (Kepri).

 

“Program tahunan Safari Ramadan merupakan salah satu agenda rutin kami sebagai wujud komitmen perusahaan untuk menjadi bagian dari masyarakat di sekitar wilayah operasi. Kegiatan ini juga untuk memelihara tali silaturahimyang telah terbina dengan baik,” ujar VP Relations and Security Medco E&P, Arif Rinaldi.

 

Perusahaan jasa ekspedisi, SiCepat Ekspres menggelar program bertajuk Indahnya Ramadhan Traktir Sembako. Chief Executive Officer The Kim Hai mengatakan, #IndahnyaRamadhan Traktir Sembako merupakan salah satu rangkaian corporate campaign SiCepat selama Ramadhan 2021. Dalam program ini, SiCepat Ekspres mengajak masyarakat untuk mendonasikan rezekinya mulai dari Rp 50 ribu per orang yang kemudian ditambahkan oleh SiCepat Ekspres, sehingga nilai paket sembako menjadi senilai Rp 100 ribu.

 

 Terkait pemberdayaan, Danone Indonesia melalui PT Sarihusada Generasi Mahardhika (Sarihusada) bersama Kampus Bisnis Umar Usman meluncurkan Damping Inkubator Bisnis secara daring. Program ini merupakan kelanjutan dari kompetisi bisnis yang telah berlangsung sebelumnya yang diikuti lebih dari 200 pendaftar dari seluruh Indonesia.

 

Acara yang di adakan pada awal Juli lalu itu diawali dengan pelaksanaan talkshow bersama narasumber yang membahas seputar kolaborasi yang dapat dilakukan oleh berbagai pihak sebagai langkah konkret mendukung kemajuan UMKM, terutama pada masa pandemi seperti saat ini.

 

 Lily Jasmine selaku direktur Kampus Bisnis Umar Usman menyampaikan, dengan kondisi penyebaran pandemi Covid-19 sampai saat ini kembali mengalami kenaikan akan kembali berdampak pada sektor ekonomi, tak terlepas sektor UMKM. “Kebijakan pemerintah akan kembali dikeluarkan dan memungkinkan adanya pembatasan aktivitas masyarakat sehingga menjadikan ruang gerak UMKM menjadi semakin sedikit,” ujarnya.